Sunday, November 6, 2016

IVF: Ovum Pick-Up (h+14)

Minggu 6 November (paska haid hari ke-14) jam 7 pagi kami telah tiba di RSCM Kencana, langsung menuju ke Klinik Yasmin di lantai 4. Karena jatuh pada hari Minggu jadi tempatnya sepi banget sebab sebagian besar petugasnya libur, ternyata hanya kami pasien yang akan tindakan hari ini, jadi dokter dan perawat yang bertugas sengaja datang hanya untuk melayani kami.

Sebelum tindakan OPU, istri harus puasa makan paling akhir sejak jam 1 malam tadi, dan buang air kecil sesaat sebelum tindakan dilakukan.
prosedur sebelum OPU dilakukan
Jam 8 istri sudah dipanggil oleh perawat untuk menuju ruang operasi. Saya hanya diperbolehkan berada di ruang tunggu, lalu lewatlah dr. Gita Pratama yang langsung memperkenalkan dirinya dan menyalami saya serta berdoa semoga proses OPU-nya ini dapat berjalan lancar.

Jam 9 dr. Gita sudah keluar ruangan dan menemui saya, beliau menyampaikan bahwa telah berhasil didapatkan 13 ovum dari istri. Alhamdulillah..
Setelahnya beliau langsung bergegas pergi. Istri masih berbaring di kamar karena kondisinya yang masih setengah sadar.

Jam 9.30 saya diminta perawat untuk mengeluarkan sperma ke dalam wadah tertutup yang diberikannya, disediakan kamar khusus yang cukup luas, ada tempat tidur double bed dilengkapi toilet. Karena ruangannya dingin banget, saya agak kesulitan, namun akhirnya setengah jam kemudian saya telah berhasil menyerahkan wadah berisi sperma ke bagian lab yang tepat berada di samping kamar ini.

Jam 10 istri sudah keluar kamar. Kami disediakan sarapan pagi nasi goreng untuk berdua di ruang tunggu ini. Kebetulan sudah lapar banget karena saya belum sempat sarapan dan istri puasa sejak tadi malam.

Selesai makan, perawat memberikan obat-obatan untuk istri yang dibawa pulang, yaitu:
Cygest 400 mg (10 tablet)
Cefspan 200 mg (10 tablet)
Progynova 2 mg (20 tablet)
Medrol 4 mg (10 tablet)
Duphaston 10 mg (15 tablet).

Selanjutnya kami akan dihubungi oleh pihak Klinik Yasmin saat nanti embrio-nya sudah siap untuk ditransfer, yaitu antara 2 s/d 5 hari lagi. Kami diminta menuju kasir untuk melakukan closing sementara, juga untuk mengetahui berapa sisa uang deposit yang masih ada yaitu sekitar Rp 9,6 juta.

Jam 11 kami sudah pulang, langsung menuju Bintaro untuk mampir ke rumah kakak istri saya, sekaligus tanya-tanya seputar proses IVF karena dulu dia juga mengalami IVF juga. 
kuitansi OPU (halaman 1)
kuitansi OPU (halaman 2)
Total investasi = Rp 20,348,101 (tidak saya hitung karena sudah termasuk deposit sebelumnya) 
Obat-obatan farmasi = Rp 1,748,101
Jasa rumah sakit cluster = Rp 100,000
Paket OPU = Rp 18,500,000

No comments:

Post a Comment