Friday, July 1, 2016

Inseminasi yang ketiga

Jumat pagi (1 Juli) kami sudah tiba di Omni Pulomas, langsung menuju ke ruang VK di lantai dua (VK adalah singkatan bahasa Belanda yaitu Verlos Kamer yang artinya ruang bersalin).

Ini adalah inseminasi ketiga kami, dua inseminasi sebelumnya dilakukan sebelum operasi LOD, dan inseminasi ketiga ini merupakan inseminasi pertama kalinya paska operasi LOD yang tentunya perjalanan sperma menuju ovum istri akan lebih mudah insya Allah, karena isi dalam reproduksi istri sudah banyak yang "direparasi" oleh dr. Caroline.

Kami dijadwalkan tiba jam 6 pagi namun kami telat datang dan baru tiba jam 6.30. Di ruang VK saya diberikan wadah untuk menampung sperma. Jam 7.30 saya menyerahkan sperma yang sudah ditampung, butuh waktu sekitar 3 jam untuk proses mencuci dan memilah sperma, jadi kami menunggu lumayan lama di sini.

Hasil analisa sperma saya, konsentrasinya sebanyak 58 juta/ml dengan motilitas gerak cepat 7% dan gerak lemah 56%. Setelah dipreparasi, konsentrasinya menjadi 28 juta/ml dengan motilitas gerak cepat 96% dan gerak lemah 4%.

hasil analisa sperma
Jam 11 kami kembali masuk ke ruang VK, dr. Caroline mulai melakukan tindakan inseminasi pada istri jam 11.30, setelah itu istri masih diharuskan berbaring selama 1 jam, dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala supaya sperma dapat tertampung optimal di rahim.

Jam 12.30 istri sudah boleh bangun. Jam 1 siang kami sudah bisa pulang. Istri disarankan tidak melakukan aktivitas berat yang terlalu melelahkan, dan dalam 5 hari ke depan kami disarankan tetap berhubungan intim karena masih masuk dalam masa subur istri.

Mulai malam ini istri minum obat Utrogestan 200 mg dengan dosis sehari 2x selama 15 hari ke depan. Istri masih memiliki sisa obat ini dari sepupunya yang sudah lebih dulu hamil dan sisa obat istri yang dulu tidak lanjut diminum karena sudah haid, totalnya masih 25 butir, kurang 5 butir dari yang seharusnya

Total investasi = Rp 2,896,608
Biaya di rumah sakit:
Administrasi rawat jalan = Rp 35,000
Paket inseminasi = Rp 2,825,000
Penjualan resep farmasi rawat jalan = Rp 36,608

No comments:

Post a Comment