Tuesday, August 1, 2017

IVF (FET): Kontrol hamil minggu ke-28

Kamis (27 Juli) kami tidak jadi kontrol, dr. Budi berhalangan hadir hari itu karena ada pelatihan alat USG baru. Jadinya kita mundurin ke Selasa (1 Agustus). Jam 18.45 kami sudah tiba sesuai nomor antrian, namun masih harus nunggu dua pasien lagi. Akhirnya jam 19.45 kami baru masuk ke ruangan dokter.

Kontrol kali ini hanya cek USG biasa, hasilnya semua normal. Alhamdulillah.. 
Kehamilan istri saat ini memasuki usia 28-29 minggu, dengan berat janin 1200 gram, naik dua kali lipat dari yang sebelumnya 600 gram. Berat badan istri kini sudah mencapai 63,5 kg, sudah naik 12,5 kg dari awalnya 51 kg.
USG janin usia 28-29 weeks
Kepala baby sudah berada di posisi bawah. Kami masih belum memutuskan apakah istri akan lahiran normal atau caesar, dr. Budi terbuka atas apapun pilihan kami, yang pasti bila mau normal akan dilihat lagi kondisinya saat kontrol mendekati lahiran nanti.

Istri mengeluhkan kalau di bagian miss-v selalu basah, sebenarnya ini normal dialami ibu hamil, istilahnya keputihan. Supaya lebih meyakinkan, dr. Budi mengecek dengan melihat langsung cairan tersebut dengan dibantu alat cocor bebek dan lidi panjang yang ujungnya ada kapas untuk menyeka cairannya ke dalam miss-v istri. Cairannya berwarna putih bening dan tidak berbau aneh, menurut dokter ini masih normal dan tidak perlu dikhawatirkan. 
kesimpulan hasil USG (1 Agustus)
Vitamin yang diminum masih sama yaitu Cavit-D dan Folamil masing-masing sekali per hari, dan dapat tambahan satu jenis vitamin lagi yaitu Cal-95 sebanyak 30 tablet untuk sebulan ke depan yang diminum sehari sekali juga.

Sebelum pulang, kami menuju lab dulu untuk istri diambil darahnya buat dianalisa Full Blood Count, Glucose, Ad Random, dan diambil sampel air seni.

Kami sudah booking untuk kontrol selanjutnya di hari Selasa (29 Agustus). Saat mendaftar di meja perawat, kami diinfokan bahwa besok (2 Agustus) akan ada seminar "Bincang Sehat" dengan tema persiapan menyusui bayi bagi calon ibu. Acaranya gratis dan tempat terbatas, tanpa pikir panjang kami berdua segera mendaftar karena masih tersisa tempat kosong.
invoice RSPI-PI (1 Agustus)
Update, Selasa (8 Agustus):
Saya menghubungi admin Klinik Yasmin via whatsapp untuk memperpanjang kembali penyimpanan frozen embryo kami untuk sebulan ke depan sebesar Rp 500,000.

Update, Sabtu (12 Agustus):
Kami mengambil hasil lab ke RSPI-PI. Hasilnya ada yang kurang bagus, yaitu nilai Hemoglobin yang hanya 10,3 g/dL (normalnya 12,3-15,3 g/dL). Kami tanyakan via whatsapp ke dr. Budi, beliau tidak meresepkan obat dan hanya menyarankan istri untuk banyak makan protein, terutama daging merah, telur, bayam dan kacang-kacangan.

Air seni agak keruh, disarankan untuk banyak minum air putih 2,5 s/d 3 liter per hari. Padahal dalam sehari istri sudah minum air putih lebih dari 3 liter tapi masih tetap keruh juga. Kata dr. Budi penyebab air seni yang keruh ini bisa jadi karena air seni tercampur dengan cairan keputihan di vagina.
hasil tes lab (1 Agustus) halaman 1
hasil tes lab (1 Agustus) halaman 2
Total investasi = Rp 1,784,880
Tes laboratorium = Rp 260,000

Obat-obatan farmasi = Rp 185,880
Konsultasi dr. Antonius Budi Marjono = Rp 350,000
USG kandungan 2D lengkap = Rp 300,000 


Biaya di luar RS:
Vitamin Folamil Genio (30 tablet) di Apotek Kebon Jeruk = Rp 133,000
Vitamin Cavit-D (30 tablet) di Apotek Kebon Jeruk = Rp 56,100
Perpanjang penyimpanan freezing embryo untuk 1 bulan (10 Agustus s/d 9 Sep) di Klinik Yasmin = Rp 500,000

No comments:

Post a Comment