Tuesday, August 8, 2017

Bincang Sehat: Sustaining Breastfeeding Together (di RSPI Puri Indah)

Dalam rangka memperingati World Breastfeeding Week (1-7 Agustus 2017), RSPI Puri Indah mengadakan acara Bincang Sehat dengan tema "Sustaining Breastfeeding Together" pada hari Rabu (2 Agustus).

Acara ini gratis namun tempat terbatas, enaknya lagi bisa dapat produk sponsor yaitu jus segar dari ReJuve.

Saya sengaja cuti setengah hari demi menemani istri ke acara ini. Jam 10 pagi kami sudah tiba di RSPI-Puri Indah dan segera menuju lantai 5 tempat acara ini berlangsung. Ruangan berkapasitas sekitar 50 orang ini kebanyakan dipadati oleh ibu hamil maupun ibu yang membawa bayi. Hanya sedikit suami yang ikut datang menemani istrinya, kalau saya hitung sekitar 5 orang saja termasuk saya.

Yang menjadi pembicara adalah dr. Jeanne-Roos Tikoalu sebagai dokter spesialis anak. Dengan jam terbangnya yang sudah tinggi, penjelasan beliau sangat mudah dicerna bahkan bagi kami yang masih awam seputar kegiatan menyusui bayi.

Banyak penjelasan bermanfaat yang kami dapat dan baru kami pahami, beberapa poin yang saya catat yaitu:
  • Enam bulan pertama bayi hanya perlu diberi ASI tanpa makanan apapun, sebisa mungkin hindari susu formula.
  • Bayi mendapat imunitas alami dari ASI saat ibunya sedang terpapar suatu penyakit. Namun untuk penyakit yang belum pernah diderita ibu saat masih menyusui bayi, pencegahannya adalah dengan divaksin.
  • ASI sudah diproduksi oleh ibu hamil sejak trimester pertama kehamilan, namun kebutuhan ASI tersebut lebih dibutuhkan untuk perkembangan janin di dalam kandungan.
  • Bayi akan cukup optimal mendapat manfaat ASI hingga usia 2 tahun, bahkan ada yang dilanjutkan hingga usia anak 7 tahun. Namun bila sudah lewat usia 3 tahun namun anak masih suka menyusui ke ibunya, dampaknya akan lebih berpengaruh ke psikologis si anak, mereka akan menjadi terlalu ketergantungan pada sang ibu.
  • Kondisi stress dapat membuat ASI sulit keluar, suami juga harus berperan menenangkan perasaan istri dan membuat nyaman pikirannya, terutama suami yang terlalu sibuk bekerja pergi pagi pulang malam, sebisa mungkin jalani quality time saat sedang bersama istri dan bayi.
sesi foto bersama seluruh peserta
Selesai penjelasan materi ada sesi tanya jawab dengan hadiah bagi yang mengajukan pertanyaan terbaik. Seru banget deh pokoknya bisa ikut acara Bincang Sehat ini, cuma sayangnya di hari kerja, coba kalau pas weekend pasti lebih banyak lagi pesertanya.

No comments:

Post a Comment