Thursday, April 20, 2017

IVF (FET): Kontrol hamil minggu ke-14 pindah ke RSPI Puri Indah

Malam ini (Kamis, 20 Apr) kami kontrol ke RS Pondok Indah - Puri Indah (RSPI-PI), beberapa hari sebelumnya kami sudah booking via telepon. Terakhir kami kontrol dua minggu yang lalu di Klinik Yasmin dengan dr. Gita.

Jadwal dr. Budi Marjono di RS ini hanya Selasa dan Kamis jam 14-20. Sepulang saya dari kantor, kami langsung bergegas ke RS. Jam 19 sudah tiba di poliklinik lantai 7, masih antri 4 orang lagi di depan kami. Tidak disangka ternyata cukup lama juga kami menunggu, satu antrian bisa sampai setengah jam, alhasil baru jam 21 lewat kami dipanggil masuk.

Dokter menanyakan kondisi kehamilan, istri mengeluhkan sempat keluar flek coklat saat diseka setelah pipis, kejadiannya dua hari yang lalu namun sudah tidak keluar lagi.
USG janin usia 14w0d ukuran 8,02 cm
Saat di-USG terlihat bayi kami sudah makin besar, detak jantungnya baik, kondisinya sehat dan normal. Dari hasil USG, perkiraan kehamilannya memasuki usia 14 minggu 0 hari, dengan ukuran janin sepanjang 8,02 cm.

Karena sudah memasuki minggu ke-14 berarti istri sudah berhasil melewati trimester pertama dengan sukses.. Alhamdulillah..
kesimpulan hasil USG (20 Apr)
Penjelasan dr. Budi sangat jelas dan sabar, semua pertanyaan kami diladeni, juga dibuatkan surat kesimpulan hasil USG serta tindakan pengobatan yang dibutuhkan, tidak heran mengapa setiap pasien cukup lama waktu periksanya.

Obat-obatan sudah boleh mulai dikurangi, Cygest tidak diresepkan lagi, Duphaston dan Progynova yang sebelumnya dua kali sehari kini cukup sekali sehari saja. Suplemen obat Folamil dan Cavit D3 tetap dilanjutkan.

Saran dr. Budi bila nanti muncul flek lagi sebaiknya cukup istirahat saja dengan bed rest, karena bila terlalu panik dan ke RS takutnya malah semakin membuat badan lelah, terlebih butuh waktu di perjalanan dan antri di ruang tunggu yang akan menguras tenaga. Dosis obat penguat kandungan (Duphaston dan Progynova) bisa ditambah untuk mengatasi flek tersebut, namun setelah sebelumnya berkonsultasi dengan beliau, boleh via telepon dahulu.

Kami menanyakan apakah ada tes yang harus diambil seperti tes TORCH, mengingat kami memelihara kucing dan kelinci, padahal dulu sudah beberapa kali istri tes TORCH dan hasilnya negatif. Dokter mempersilahkan bila memang kami masih khawatir, jadi istri cukup dites Anti Toxoplasma IgM. Hasilnya baru akan diinfokan Selasa besok setelah dibaca oleh dr. Budi.

Kami diperbolehkan untuk datang kontrol sebulan lagi atau bila ada keluhan.
tes Toxoplasma hasilnya negatif

invoice RSPI-PI (20 April)
Total investasi = Rp Rp 2,204,740
Tes Anti Toxoplasma IgM = Rp 305,000

Obat-obatan farmasi = Rp 1,016,640
Konsultasi dr. Antonius Budi Marjono = Rp 350,000
USG kandungan 2D lengkap = Rp 300,000

Progynova 2 mg (1 strip / 28 tablet) di Go-Med (aplikasinya Gojek) = Rp233,100

No comments:

Post a Comment