Wednesday, February 11, 2015

[intermezzo] Mengonsumsi ikan laut kaya omega 3

Belakangan ini istri jadi ngidam makan makanan yang sehat, terutama yang menunjang kehamilan, seperti ikan. Seleranya pun yang kelas premium, yaitu ikan salmon dan ikan dori. Walaupun sebenarnya bikin kantong jebol tapi tak apalah mengingat ini adalah investasi buat masa depan kami juga lewat si calon baby nantinya.

Tidak perlu jauh-jauh datang ke pelabuhan atau dermaga, salah satu tempat yang menjual ikan segar dan recommended ada di supermarket Farmer's Market. Kebetulan tempatnya ada di mal Galaxy di Bekasi dekat rumah kami.

ikan salmon
Pilihan ikannya banyak dan masih fresh. Untuk ikan salmonnya ada dua pilihan, yaitu salmon fillet dan salmon premium fillet, harganya tentu lebih mahal yang premium. Hanya dilihat sekilas saja sudah bisa dibedakan karena daging salmon premium jauh lebih merah segar dibanding salmon biasa yang merah pucat.

Penjaganya menjelaskan kalau ikan salmon biasa berasal dari penangkaran di perairan Norwegia, sedangkan salmon premium adalah ikan salmon liar yang ditangkap di laut lepas, tepatnya di perairan Australia. Kandungan omega 3 lebih tinggi didapatkan pada salmon premium ini, omega 3 adalah lemak yang diperlukan untuk pertumbuhan sel-sel otak dan kecerdasan bayi.

Selain di Farmer's, kadang kami juga mampir ke supermarket Food Hall, namun harganya agak lebih mahal. Salmon yang jenis biasa mereka tangkarkan di perairan Norwegia juga, namun untuk salmon premium mereka tangkap dari laut lepas di perairan Alaska.

si sangar John dory fish
sushi salmon mentah
Kalau tidak ada ikan salmon, alternatif lain yang agak lebih murah, saya beli ikan dori fillet, warna dagingnya putih bersih. Nama lengkap ikan ini adalah john dory fish. Penampakan ikan ini di laut lumayan menyeramkan, bermata belo', berbadan ramping dengan sirip tajam dan tatto tompel di badan, namun jangan takut karena kalau sudah di supermarket hanya terlihat dagingnya saja.

Di restoran sushi, kedua ikan ini lebih segar bila disantap mentah dengan kecap asin dan bumbu cabai plus wasabi, hmmm gurihnya..
Istri memang doyan yang beginian, namun untuk menjaga kesehatan calon baby untuk sementara distop dulu makan yang mentahnya, jadi supaya lebih hemat kami beli ikan mentahnya lalu istri yang masak sendiri di rumah.

Harga ikan di Farmer's Market (per Februari 2015)
salmon fillet Rp 294,950/kg (update 28 Maret 2015 discount menjadi Rp 259,950/kg)
salmon premium fillet Rp 359,950/kg (update 28 Maret 2015 discount menjadi Rp 279,950/kg)
john dory fish Rp 94,950/kg (update Maret 2015)

Harga ikan di Food Hall (per Februari 2015)
salmon sashimi 320,000/kg
salmon fillet Rp 325,000/kg
salmon premium fillet Rp 335,000/kg

No comments:

Post a Comment