Thursday, January 22, 2015

Mulai suntik Gonal-f 75 IU & minum Genoclom

Kemarin malam (21 Jan) istri mulai haid, jadi hari Kamis ini (22 Jan) sudah masuk haid hari kedua (h+2) saatnya istri minum obat resep dokter yaitu Genoclom 2x sehari (h+2 s/d h+7) dan suntik Gonal sendiri (h+2 s/d h+9).

Suntik gonal ini cukup sehari sekali dan harus di jam yang sama setiap harinya, tidak ada syarat khusus seperti harus makan dahulu atau tidak. Saya minta istri buat menyuntik jam 8 malam saat saya sudah sampai di rumah supaya bisa ikut menemani.


Karena ini pengalaman pertama kali menyuntik sendiri jadi saya mengajak istri ke tempat praktek bidan dekat rumah, siapa tahu mereka bisa membantu, namun dokter jaganya sudah selesai praktek dan suster jaga yang bertugas di situ cukup kesulitan juga untuk membaca instruksi Gonal ini yang berbahasa Inggris.


Akhirnya kami memutuskan pulang ke rumah dan suntik sendiri. Sebenarnya istri sudah nonton beberapa video tutorial di youtube tentang cara menyuntik Gonal sendiri, istri pun lebih nyaman nyuntik sendiri, jadi saya hanya ikut nemenin di sampingnya. Saya hanya kebagian tugas meracik isi suntikan Gonal itu. Ternyata memang semuanya cukup mudah..


Sangat disarankan menyuntiknya di daerah sekitar pusar karena posisi ini dekat dengan ovarium. Perasaan istri seperti melayang dan seluruh tubuh merasakan hal yang berbeda setelah disuntik, jadi sebaiknya berbaring beberapa saat setelahnya.

No comments:

Post a Comment